Jumat, 28 Januari 2011

Jawaban


Jawaban dari pertanyaan fans (ups.. maksudku pembaca)
1.    Jarak sumbu panjang dan pendek dari elips lntasan merkurius masing2 a dan b (phi=22/7) sedang periode revolusi merkurius=88 hari, mk luas petak bidang yg disapu jari2 arah(garis hubung planet dan matahari) selama 14 hari adalah...
2.    Andaikata bumi beredar melengkapi orbitnya dalam 360 hari bumi dan venus 225 hari, jk pada suatu ktk matahari, bumi dan venus satu garis dan keduanya bergerak dalam arah yang sama, maka kala berikutnya mereka terletak segaris lagi setelah... 

Jawab:
1.    Ingat hukum Keppler 2, garis hubung planet-matahari menempuh luasan yang sama dalam waktu yang sama (hal. 73). Nah, luas elips, L = πab, jadi luas yang ditempuh selama 14 hari ialah (14/88) × (22/7)ab.= ab/2.
2.    Ini tentang periode synodis (S), yaitu periode yang diperlukan agar dua objek berevolusi yang coplanar kembali membentuk satu garis lurus (hal. 59).
S = (T1×T2)/(T1–T2)
Ingat, jika T2 berlawanan arah, nilainya negative, karena revolusi Venus dan Bumi searah maka:
S = (360×225)/(360–225) = 600 hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.