Jumat, 18 Maret 2016

Plagiator Super

Kemarin saya sempat memberikan pelatihan olimpiade astronomi untuk siswa SMA Kristen Barana, Rantepao, SulSel. Secara kebetulan, saya bertemu dengan buku yang sangat luar biasa. Sangat luar biasa, bung! Itu adalah buku ajar astronomi yang ditulis oleh Tim Penulis Astana Ilmu, sebuah lembaga bimbingan olimpiade di Jakarta. Berikut ini sampulnya:

Isinya...

Ya, 95% isinya adalah salinan identik dari buku saya, "Astronomi dan Astrofisika" yang saya bagikan secara gratis. Mereka tak puas hanya dengan memakainya secara gratis. Meskipun sedemikian malas menyusun sebuah buku, cuma menggunakan jurus [Ctrl]+[A], [Ctrl]+[C], [Ctrl]+[V], di sisi lain mereka cukup tekun dan ulet menghapus footer, judul, laman klaim, laman-laman pembuka, dan daftar pustaka. Menambahkan sekitar sepuluh halaman salinan artikel internet di bagian belakang, lalu merancang sampul baru yang bertuliskan "Tim Penulis Astana Ilmu". Sungguh penulis yang sangat kreatif! Nama saya dan judul asli buku lenyap tak berbekas, bahkan di daftar pustaka sekalipun!! Oh, maaf, bukunya tak punya daftar pustaka.

Saya mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat buku itu, saya bagi dengan cuma-cuma. Bahkan di revisi 3 saya masih membolehkan pembaca menyunting buku saya, tentunya dengan meminta izin tertulis dan tetap mencantumkan nama saya dan judul asli buku. Tapi rasanya, bagi Tim Astana Ilmu, itu tak cukup. Seluruhnya harus diklaim! Seluruhnya!! Bahkan mereka membagi hardcopy-nya sebagai bahan ajar dalam paket pelatihan mereka (baca: dikomersialkan). Kreativitas mereka sungguh luar biasa!




EDIT:

Saya telah berkomunikasi dengan pimpinan Astana Ilmu, dan beliau telah meminta maaf serta menjelaskan perihal kelalaian lembaga ybs. Permasalahan ini telah kami selesaikan secara damai. Terima kasih kepada saudara Andre atas rasa tanggungjawabnya. Semoga bisa jadi pembelajaran bagi para praktisi pendidikan dan keilmuan agar bekerja tanpa mengabaikan etika serta lembaganya bisa lebih teliti mengontrol penggunaan namanya.


10 komentar:

  1. laporkan saja bung, plagiator jika dibiarkan akan terus merajalela. tetap semangat menulis kawan!

    BalasHapus
  2. Ia, saranku mending laporkan aja. Atau hubungi langsung mereka dan klaim kepemilikan

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak atas dukungannya, teman.
    Saya sudah menuliskan surat dan menitipkan nomor hp saya. Sampai sekarang belum ditanggapi.

    BalasHapus
  4. Lako banget yah...
    apa langkah selanjutnya Bang?

    BalasHapus
  5. boleh saya share di blog saya gan..

    BalasHapus
  6. mantab bapak ini yo!! menyelesaikan masalah dgn tenang tanpa koar2!! Horeee hebat pak!! terus berkarya membuat buku-buku ilmiah..

    BalasHapus
  7. Kak, apa buku hasil kakak ada kunci jawabannya ? soalnya saya ngerjain soal bab satu aja udah bingung bener atau nggk. Apalagi pertanyaan "Jelaskan kenapa saya tidak suka bawang !" Super banget hha.
    Jadi saya harap kalo kakak punya kunci jawaban bisa lah buat di upload. Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu jawabannya saya tulis di kertas, karena ndak dimasukkan ke draft buku jadi ndak diketik. Sekarang ndak tau di mana...

      Kalau ada yang ingin ditanyakan, hubungi saja lewat surel saya. Selamat belajar :-)

      Hapus
    2. kak, saya sudah kirim ke skaga_01@yahoo.com tolong diverifikasi ya. trims

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.