Rabu, 14 Juli 2010

Rumus Dasar dalam GLBB



Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak partikel pada lintasan lurus dengan perubahan kecepatan yang teratur terhadap waktu, sehingga ds/dt pada selang waktu yang berbeda juga berbeda. Perubahan kecepatan terhadap waktu disebut dengan percepatan. Jadi definisi dari percepatan adalah:
                               (1)


Sehingga perubahan kecepatan dalam selang waktu t = dt ialah:

                              (2)

Fungsi perubahan kecepatan ini memenuhi deret aritmatika yang dinyatakan dengan:

                     (3)


Persamaan 1 dan 3 merupakan persamaan mendasar dalam GLBB, karena semua persamaan lain diturunkan dari persamaan ini. Dengan menggunakan sifat deret aritmatika maka kecepatan rerata sama dengan suku tengah dari barisan di atas dari selang dt = 0 hingga dt = t. akhirnya kita dapatkan kecepatan rata-rata:
                    (4)

Karena gerak beraturan, maka percepatan tetap. Dari persamaan-persamaan di atas dapat kita turunkan persamaan baru yaitu:
            (5)
Dari persamaan ini kita turunkan lagi untuk mencari vt dengan variabel s, yaitu:

 



Mengingat persamaan 5 didapatkan
          (6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.