Kamis, 08 September 2011

Problem Fisika Sederhana yang Lebih dari Sekedar Matematis

          Kemarin (atau kemarin-kemarinnya lagi) saya tengah mengikuti kuliah biofisika. Dosen saya yang terhormat memberikan suatu pertanyaan, kira-kira begini: 

          Dalam suatu rumah sakit terdapat regulasi bayi yang memiliki berat kurang dari 2,5 kg harus dimasukkan dalam inkubator. Pada suatu hari yang cerah, seorang bidan muda menimbang bayi yang baru saja lahir ternyata beratnya 2.496 gram. Pertanyaannya, apakah bayi tersebut harus dimasukkan dalam inkubator atau tidak? 

          Dosen saya yang terhormat kemudian memberi penjelasan tambahan dengan mantap, jika bayi yang semestinya dimasukkan dalam inkubator ternyata tidak dimasukkan dalam inkubator akibatnya bisa petaka, maksimal berujung pada kematian. Jika bayi yang tidak semestinya dimasukkan dalam inkubator malah dimasukkan dalam inkubator ya tidak apa-apa bagi si bayi, namun menambah beban biaya yang besar bagi orang tua bayi padahal sebenarnya tidak perlu. Sebagai tambahan dari saya, orang tua si bayi merupakan orang dengan ekonomi lemah. Nah, menurut pembaca, apakah si bayi tadi (sebut namanya Sentot) harus dimasukkan dalam inkubator atau tidak? 

          Jawabannya ialah tidak!* Dalam regulasi, batas berat bayi ialah 2,5 kilogram, berarti angka pentingnya ialah 0,1 kilogram atau 100 gram. Jadi dari 2.451 kg ke atas bayi tidak perlu dimasukkan ke dalam inkubator. Penimbangan bayi oleh bidan tadi menunjukkan 2.496 gram atau jika dibawa dalam ketelitian atau angka penting yang sama dengan regulasi hasilnya 2,5 kg. Itu adalah secara fisikanya. 

          Tambahannya, kenapa kita mengabaikan kekurangan 4 gram itu? Atau kenapa dalam regulasi hanya menggunakan angka penting 100 gram? Tentu ini dikaitkan dengan hal yang sangat sederhana, berat 4 gram bukanlah nilai yang signifikan untuk ukuran berat seseorang. Beri saja si Sentot 5 mL ASI, beratnya pasti naik di atas 2.500 gram. 



Catatan : * Saya menjawabnya dengan benar (oke, ini nggak penting)

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.