Kamis, 07 Juni 2012

Pengamatan Transit Venus 2012

Rencananya tulisan ini mau diposting kemaren malam, tapi karena capek dan ngantuk sekali akhirnya postingnya baru sekarang. Yup, ini tentang transit Venus yang terjadi 6 Juni 2012 dari pukul 06.10 sampai 12.45 Wita. Fenomena yang terjadi setiap 105 tahun sekali ini berbentuk pasang-pasangan dengan selisih 8 tahun. Jika transit Venus terjadi 8 tahun lalu dan tahun ini, maka transit berikutnya akan terjadi 105,5 tahun lagi, lalu 8 tahun berikutnya, lalu 121,5 tahun berikutnya, dan seterusnya berulang setiap 243 tahun. Periode transit ini tidak terjadi setiap siklus sinodis karena perbedaan sudut bidang orbit Bumi dan Venus (seperti halnya gerhana), sehingga transit hanya dapat terjadi jika Venus berada di simpul pada konfigurasi konjungsi inferior.

Pengamatan yang dilakukan di pelataran MKU Kampus Tamalanrea Universitas Hasanuddin ini berlangsung lumayan ramai jika dibandingkan dengan persiapannya. Observasi sporadis yang cuma melibatkan seorang dosen (Ibu Nurhasanah) dan empat mahasiswa (Nurhidayat, Aldy, Djunaiddin, dan admin) ini nyaris tanpa persiapan, bahkan pamflet pun nggak ada karena berlangsung saat masa-masa ujian akhir semester (mahasiswa pada sibuk). Tapi ternyata peminat yang berdatangan lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai fakultas, dosen-dosen, bahkan ketua jurusan fisika, Prof. Halmar Halide, Wakil Dekan II FMIPA Dr. Nurlaela Rauf, sampai rektor Unhas Prof. Idrus Paturusi sempat membidik Matahari menggunakan refraktor 70 mm dan galileoskop yang dilengkapi dengan filter. Selain itu simpatisan yang datang juga bisa mengamati transit secara langsung dengan menggunakan kacamata Matahari.

Galileoskop didatangkan atas bantuan Unawe Indonesia (terima kasih banyak), dan filter buatan sendiri cukup mumpuni untuk mengamati piringan Matahari. Sayang, kami tidak memiliki kamera yang bisa mengabadikan tangkapan teleskop itu dengan kualitas baik.

Berikut beberapa foto-foto pengamatan transit Venus kemarin.

Venus melintas di piringan Matahari 07.43 Wita

Venus teramati berbentuk bulat kecil pukul 07.53 Wita

Wakil Dekan II Ibu Nurlaela mengamati transit secara langsung menggunakan Sun glasses.

Ketua Himafi Unhas nggak ketinggalan pasang gaya...

Massa yang datangnya bergelombang-gelombang.

Meski panas tetap semangat!

Nurhidayat (kemeja cokelat) dinobatkan sebagai operator tersibuk.

Djunaiddin siap bertransformasi ^^.

Ibu Nurhasanah, Prof. Halmar, dan admin yang tengah diwawanca***.

Ibu Nurhasanah, Pak Dahlang dan para panitia (kecuali Aldy yang pegang kamera).

Pak rektor juga nggak ketinggalan menyaksikan peristiwa langka ini.

Djun, situ betul membidik atau cuma gaya sih?

Saudara aldytia yang bertugas sebagai juru kamera (copot kamera dulu, gantian jadi target kamera)

Bonus foto admin dalam pose yang sangat natural (ha..ha...).


7 komentar:

  1. mana foto semua panitia????? DAYAT

    BalasHapus
  2. Nggak ada bung. Tapi foto keren Anda ada kok, mau diposting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak usahlah..... yang penting kemarin itu sudah ramai....

      Hapus
  3. knp namaku disebut2....???
    kayaknya admin harus bayar royalti atas penyebutan namaku tanpa izin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.