Rabu, 05 Januari 2011

Two Envelopes Paradox


Berhubung saya lagi malas ngetik, jadi saya langsung saja ya? Misalkan Amsar ditawarkan dua buah amplop berisi uang, salah satunya berisi dua kali amplop yang lain. Amsar hanya diperkenankan memilih dan mengambil satu. Beberapa menit kemudian, Amsar mengambil amplop pilihannya dan sesaat sebelum membuka amplop, dia ditawarkan lagi untuk menukar amplop jika mau. Anggap amplop yang dipilih A dan amplop lain B.  Berikut perhitungan yang muncul dalam kepala Amsar:


1.       Peluang amplop B lebih besar dari amplop A ialah 50:50.
2.   Anggap amplop saya berisi x, maka kemungkinan 50% amplop B berisi 2x dan 50% kemungkinannya amplop B berisi ½ x.
3.       Jadi perkiraan isi amplop B ialah
(½)(2x) + (½)( ½ x) = 5/4 x
Yang berarti lebih besar dari amplop A (isinya x)
4.       Jadi saya menukar amplop A dengan Amplop B.

Nah, setelah Amsar menukar amplop A dengan amplop B, ia ditawari lagi untuk menukar amplop, dan langkah-langkah tadi terulang, namun perkiraan amplop A lebih besar dari amplop B, yang bertentangan dengan hasil sebelumnya. Jadi, manakah yang benar?

Jelas ada kesalahan intuisi pada langkah-langkah tadi, jadi silakan Anda menemukannya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.