Jumat, 19 Agustus 2011

Pembuktian Teorema Pappus

Teorema Heksagon Pappus berkisah tentang suatu geometri seperti gambar di bawah ini. Jika P1, P2 dan P3 segaris, demikian juga P4, P5 dan P6, maka abc juga pasti segaris.


Yang mengesankan adalah membuktikan teorem ini tidak semudah kelihatannya. Meskipun menggunakan aritmetika dan aljabar sederhana, pembuktian teorema ini sangat ribet. Oleh karena itu, bagi yang berminat membaca silakan download di sini, karena saya malas menulis equationnya dengan Latex. Saya baru bisa membuktikannya dalam geometri Euclid. Apa mungkin berlaku juga dalam bidang lengkung?



Baca juga:

Pembuktian Carpets Theorem
Pembuktian Teorema Garis Simson
Pembuktian Teorema Pascal
Pembuktian Teorema Thales
Pembuktian √2 dan √3 adalah Bilangan Irasional

3 komentar:

  1. admin, knpa file teorema pappus nya gak bs didownload ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih? Tadi saya coba bisa kok..

      Mungkin Anda belum punya akun 4shared. Sejak beberapa waktu yang lalu aturan di situ harus punya akun untuk mengunduh, tapi bikin akunnya mudah dan gratis kok..

      Hapus
  2. Thanks gan atas info sama dokumennya.
    Mantap degeso! :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.